berita

Dokumen Teknologi TSMC Dibocorkan Mantan Karyawan

Salah satu perusahaan manufaktur chip ternama dunia, TSMC, baru saja menuntut mantan karyawan mereka. Mantan karyawan tersebut dilaporkan membocorkan dokumen terkait teknologi yang dimiliki oleh TSMC untuk produksi chip. Berdasarkan kabar yang beredar, dokumen itu kemungkinan besar telah dipegang oleh perusahaan manufaktur chip pesaing TSMC dari China.

Bocorkan Teknologi TSMC ke HLMC

Mantan karyawan TSMC disebut mencetak dokumen terkait teknologi fabrikasi 28 nm dalam jumlah yang tidak wajar sebelum mengundurkan diri. Karyawan tersebut kemudian disebut bergabung dengan Shanghai Huali Microelectronics Co. (HMLC) yang merupakan pesaing TSMC dari China. Hal ini berujung pada anggapan bahwa karyawan tersebut membocorkan teknologi TSMC ke pesaingnya.

Fabrikasi 28 nm sendiri memang banyak menghasilkan uang bagi TSMC. Selain digunakan untuk produksi GPU dari AMD dan NVIDIA, fabrikasi itu juga banyak digunakan untuk produksi SoC yang banyak digunakan di smartphone masa kini. Jadi, bagi TSMC, bocornya teknologi terkait fabrikasi yang sebenarnya sudah terbilang lawas itu tetap saja akan banyak merugikan mereka.

Bukan Kejadian Pertama

Sebelumnya, TSMC juga sempat mengalami kejadian serupa, di mana teknologi mereka dibocorkan mantan karyawan mereka ke pihak lain. Tahun 2005 lalu, mereka sempat menuntut Semiconductor Manufacturing International Corp. (SMIC) karena tudingan penggunaan bocoran teknologi. Selain itu, mereka juga sempat merasa teknologi mereka bocor ke Samsung setelah karyawan mereka pindah ke divisi manufaktur dari perusahaan asal Korea Selatan itu.

Sumber : http://www.jagatreview.com/2017/05/dokumen-teknologi-tsmc-dibocorkan-mantan-karyawan/